Adapun Ruang Lingkup Housekeeping adalah sebagai berikut:
1. Ruang Tamu
2. Restoran & Ruang Konferensi ( Meeting Room / Ballroom )
3. Ruang Kantor
4. Business Centre
5. Fitness Centre And Health ( Pusat Kebugaran )
6. Koridor
7. Toilet Tamu ( Pria dan Wanita )
8. Kolam Renang ( Swimming Pool )
9. Employee Dining Room ( EDR )
10. Locker Karyawan ( Pria dan Wanita )
11. Kebun Atau Taman Yang Ada di Dalam Maupun di Luar Hotel
12. Lapangan Parkir
Fungsi Housekeeping Department
Fungsi
Housekeeping adalah menyediakan dan merawat kebersihan kamar, menjaga
dan merawat, kerapian dan keindahan seluruh lingkungan hotel ( dalam dan
luar ) kecuali tiga bagain yang bersifat khusus yaitu main kitchen,
laundry ( washing area ), dan engineering ( mechanical room/ workshop ).
Ketiga bagian tersebut tidak menjadi tanggung jawab housekeeping karena
ketiga bagian tersebut memiliki ke khususan dalam pekerjaan, perawatan
dan pembersihannya, yaitu :
1. Main Kitchen sudah
ditangani oleh Crew Steward yang ditugas secara khusus untuk merawat,
membersihkan semua peralatan dapur, lingkungan dapur, mencuci piring dan
gelas, atau dengan kata lain steward bertanggung jawab atas kebersihan
dan kerapian semua peralatan dapur, restoran dan semua peralatan service
lainnya.
2. Laundry ( Washing Area ) juga
sudah ditangani oleh crew laundry atau laundry man yang secara khusus
menjaga, merawat dan sekaligus mencuci pakaian serta bertanggung jawab
atas kebersihan washing area.
3. Engineering khususnya
pada bagian mechanic, maintenance, dan workshop, tidak perlu ditangani
housekeeping karena tempat ini sudah ditangani secara khusus oleh crew
engineering yang sekaligus bertanggung jawab atas kerapian dan
kebersihannya.
Namun
perlu kita sadari bahwa factor kebersihan ini sudah menjadi tugas utama
housekeeping department. Jadi bila bagian tersebut membutuhkan bantuan
housekeeping, misalnya untuk general cleaning ( sebulan sekali atau
setahun sekali ), maka crew housekeeping tidak boleh menolaknya. Jadi
dalam hal permintaan khusus tersebut hendaknya Department Head / Section
Head yang bersangkutan harus juga membuat general cleaning order atau
housekeeping order yang ditujukan ke Executive Housekeeper. Kemuadian
Executive Housekeeper membuat instruksi ke Chief / Head Public Area
untuk pelaksanaannya. Jadi dalam hal ini tergantung pada kebijakan
manajemen hotel masing-masing serta adanya kerja sama antar department
yang baik, karena tanpa adanya kerja sama yang baik tentu hubungan yang
harmonis antara department dan karyawan sulit untuk diciptakan. Untuk
itu rasa kebersamaan dan rasa memiliki perlu diciptakan dan ditanamkan
kepada setiap karyawan, agar setiap karyawan menyadari akan fungsi dan
tanggung jawabnya terhadap perusahaan. Bila demikian adanya, maka fungsi
managemen dalam operasional akan menjadi ringan, karena para keryawan
sudah dapat meyadari dan menerapkan “ sense of belonging and sense of responsibility “.
No comments:
Post a Comment