Presidential Suite Grand Swiss-Belhotel Medan |
( to keep ). Sedangkan dalam bahasa Sansekerta dikenal dengan Tata Graha. Maka dari kata tersebut dapat diartikan bahwa Housekeeping atau Tata Graha adalah salah satu bagian atau department yang ada di dalam hotel yang menangani hal – hal yang berkaitan dengan keindahan, kerapian, kebersihan, kelengkapan dan kesehatan seluruh kamar, juga area – area umum lainnya, agar seluruh tamu maupun karyawan dapat merasa nyaman dan aman berada di dalam hotel. Selain itu Housekeeping department merupakan bagian rumah tangga hotel yang bertugas membuat perencanaan, perawatan / pembersihan semua kamar tamu, ruang kantor, lobby, terrace, corridors, lift / elevator, toilet umum, public space, locker’s room, linen dan uniform rooms, halaman, taman, kolam renang dan ruang parkir.
Pengertian umum menurut (Djohan, T.M. 1993), Housekeeping adalah
salah satu bagian yang ada didalam hotel yang menangani hal-hal terkait
dengan keindahan, kerapian, kebersihan, kelengkapan seluruh kamar juga
seluruh areal umum lainnya agar seluruh tamu dan karyawan dapat merasa
aman dan nyaman di dalam hotel.
Melihat
dari kata housekeeping itu, maka peran dari housekeeping departemen
sangat penting dalam suatu hotel. Kadang-kadang housekeeping department
dijadikan satu dengan front office departemen menjadi room division.
Memang tidak dapat dipungkiri bahwa hubungan kerja antara housekeeping
departemen dengan front office department sangat erat. Front office
departemen adalah departemen bagian yang bertugas menjual kamar,
sedangkan housekeeping departemen adalah departemen yang bertugas
menyiapkan kamar-kamar yang akan dijual, lengkap dengan fasilitas yang
diperlukannya oleh umum. Lebih dari itu housekeeping departemen
mempunyai tugas dan tanggung jawab atas seluruh areal hotel, baik yang
berada diluar bangunan seperti: areal parkir, kebun, atau taman, kolam
renang, tennis court, maupun yang berada didalam bangunan gedung,
seperti : kamar-kamar, ruangan-ruangan yang disewa seperti arcade,
drungstone, bank, money changer, travel agent, beauty saloon, barber
shop, meeting room, restaurant,tempat khusus karyawan(loker,toilet)
serta seksi-seksi lain yang mengurusi linen milik hotel tersebut. Jadi,
housekeeping department mempunyai tugas dan tanggung jawab menjaga
kebersihan, kerapian, dan keindahan serta kenyamanan seluruh areal
tersebut, disamping juga menyediakan sarana penunjang lainnya yang
diperlukan oleh tamu selama berada di hotel serta memberikan pelayanan
yang memuaskan.
No comments:
Post a Comment